PORTOFOLIO 7
Dokumentasi implementasi dari hasil komunitas belajar ke dalam kelas berisi foto dilengkapi dengan narasi yang menggambarkan proses belajar di kelas




Setelah guru berbagi praktik baik penerapan pembelajaran aktif, inovatif, kreatif dan menyenangkan dalam komunitas belajar, maka sebagai aksi nyata dan tindak lanjut dari praktik baik yang telah dibagikan, guru menuliskan dalam rencana tindak lanjutnya, menerapkan pembelajaran (PAIKEM) di kelas masing-masing dengan pendampingan dari kepala sekolah dengan melibatkan peran peserta didik dalam memberikan refleksi dan evaluasi terhadap praktik baik yang telah diterapkan dalam pembelajaran. Beberapa praktik baik, hasil dari kegiatan komunitas belajar yang telah dipraktikkan para guru di kelas yaitu:
Penerapan refleksi di awal pembelajaran pada mata pelajaran Pancasila
Penerapan refleksi pembelajaran dengan aplikasi Jamboard
Penerapan pembelajaran yang menyenangkan dengan Ice breaking yang menambah semangat dan motivasi belajar peserta didik
Penerapan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan dengan pemanfaatan aplikasi Canva dalam pembelajaran Pancasila dengan judul materi peluang dan tantangan penerapan Pancasila di era digital
Penerapan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan dengan aplikasi Quizizz pada mata pelajaran Pancasila
Penerapan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan dengan aplikasi wordwall pada mata pelajaran Pancasila
Penerapan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan dengan penerapan model pembelajaran Gallery Walk pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila
Penerapan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan dengan model pembelajaran TGT (Team Games Tornament) pada mata pelajaran Pancasila
Penerapan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan dengan games educatif“Educaplay” pada mata pelajaran Pancasila
Penerapan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan dengan games ceria penuh makna dengan menggunakan media sticky note pada mata pelajaran Pancasila
Penerapan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan pada materi “mendeskripsikan tata surya dalam bahasa inggris, menghasilkan media tata surya 3 dimensi yang langsung dipresentasikan di depan kelas oleh peserta didik bersama kelompok
Penerapan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan dengan menggunakan aplikasi quiziz dan quiziz paper mode pada mata pelajaran Bahasa Inggris
Penerapan pembelajaran aktif, kreatif,inovatif menggunakan aplikasi wordwall dengan fitur flascard pada mata pelajaran Bahasa Inggris
Penerapan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan menggunakan aplikasi VR (Virtual Reality) untuk melihat secara nyata system tata surya dalam mata pelajaran Bahasa Inggris
Penerapan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan pada mata pelajaran Fisika, melatih peserta didik untuk terampil menggunakan alat ukur jangka sorong, mikrometer sekrup
Penerapan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan pada mata pelajaran Kimia, melatih peserta didik untuk terampil dalam mengamati reaksi kimia dalam praktik di laboratorium Kimia
Penerapan pembelajaran aktif,kreatif,inovatif dan menyenangkan dengan model pembelajaran Role Play pada mata pelajaran Sejarah materi pertempuran melawan Belanda
Penerapan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan pada mata pelajaran Matematika, kuis menggunakan aplikasi wordwall
Penerapan pembelajaran aktif, kreatif,inovatif dan menyenangkan pada mata pelajaran Sejarah, kuis permainan ular tangga dalam aplikasi wordwall
Penerapan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan dengan menggunakan aplikasi canva dalam mata pelajaran Geografi
Penerapan pembelajaran aktif,kreatif,inovatif dan menyenangkan dengan menggunakan aplikasi wordwall pada mata pelajaran Ekonomi
Penerapan pembelajaran aktif, kreatif,inovatif dan menyenangkan dengan penggunaan media domino matematika pada pembelajaran Matematika
Penerapan pembelajaran aktif,kreatif,inovatif dan menyenangkan dengan media wayang pada mata pelajaran Sejarah
Penerapan pembelajaran berdiffrensiasi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia
Penerapan pembelajaran aktif, kreatif, inovatif dan menyenangkan dengan penerapan model pembelajaran Project Based Learning, menghasilkan produk berupa replica lapisan bumi pada mata pelajaran Geografi